Ini Dia Sejarah Singkat Arsenal FC

Ini Dia Sejarah Singkat Arsenal FC

Arsenal Football Club atau dikenal pula dengan nama The Gunners, merupakan salah satu klub sepak bola profesional yang ada di jajaran teratas klub sepak bola di Inggris. Bermarkas di Halloway, London, klub ini bermain dalam Liga Utama Inggris dan termasuk salah satu klub tersukses dalam sejarah sepak bola Inggris dengan raihan 13 gelar juara kasta tertinggi Liga Inggris; 10 juara di era Divisi Utama dan 3 di era Premier League.

Arsenal merupakan pemegang rekor tak pernah terkalahkan dalam satu musim kompetisi dengan kemenangan 38 pertandingan pada musim 2003-2004. The Gunners juga memegang rekor tak pernah terdegradasi sejak 1919 dan menjadi tim pada peringkat pertama dalam klasemen Liga Inggris sepanjang abad 20. Dengan raihan kesuksesan sebanyak itu, patut dikatakan bahwa Arsenal adalah salah satu klub terbaik Liga Inggris yang pernah ada.

Awal Berdirinya Arsenal FC

Arsenal berdiri atas inisiatif para pekerja di Royal Arsenal, Woolwich, di tahun 1886. Nama Dial Square merupakan nama pertama bagi Arsenal sebelum diubah menjadi Royal Arsenal, dan kini menjadi Arsenal FC. Arsenal yang semula bermarkas di Woolwich akhirnya menempati stadion baru di London Utara pada tahun 1913, Stadion Highbury. Kemudian di 2006, Arsenal kembali menempati markas baru di Stadion Emirates.

Sebagai salah satu raksasa sepak bola di Inggris, Arsenal selalu menjadi penantang utama gelar penting di Inggris maupun Eropa. Kekuatan tim satu ini memang tidak usah diragukan lagi. Di bawah asuhan Arsene Wenger, seorang pelatih asal Prancis, Arsenal mengubah gaya bermain mereka yang dulunya dianggap kaku dan membosankan menjadi lebih bebas sehingga menjadikan Arsenal sebagai klub yang paling atraktif di Inggris.

Masuknya Patrick Vieira dan Thierry Henry menjadi faktor penting yang mendorong meningkatnya prestasi Arsenal setelah masa keemasan Tony Adams dan kawan-kawan. Salah satu prestasi terbaik Arsenal adalah meraih gelar Premier League dan Piala FA pada tahun 2002. Pada musim 2003-2004, pasukan Wenger mencatat rekor sebagai tim yang tidak terkalahkan sepanjang perjalanan Premier League.

Stadion Arsenal FC

Sejak awal terbentuk, Arsenal sudah beberapa kali berpindah stadion. Mulai dari memakai Manor Ground, sebuah lapangan di Woolwich, hingga pindah ke London Utara dan membangun stadion Highbury yang dipakai Arsenal hingga musim 2005-2006. Pertandingan terakhir Arsenal di Stadion Highbury adalah pertandingan Liga Utama Inggris, yang mempertemukan Arsenal dengan Wigan Athletic. Kala itu, Arsenal menang dengan skor 4-2.

Sejak Juli 2006, Arsenal menempati markas baru, yakni stadion Emirates yang terletak di Ashburton dengan kapasitas 60.500 penonton. Perpindahan ini dilakukan karena Stadion Highbury memiliki kapasitas yang terlalu kecil dibanding stadion milik klub liga utama lainnya. Pertandingan pertama Arsenal di Stadion Emirates adalah pertandingan persahabatan dengan para pemain legenda Belanda. Sebuah pertandingan perpisahan untuk Dennis Bergkamp, salah satu penyerang Arsenal.

Para pemain Arsenal berlatih di Pusat Pelatihan Shenley di Herfordshire, sebuah fasilitas yang memang dibuka pada tahun 1999. Sebelumnya, pemain Arsenal menggunakan fasilitas milik Universitas Union, sebuah Perguruan Tinggi di London. Para pemain Akademi Arsenal di bawah 18 tahun akan memainkan pertandingan kandang di Shenley, sementara tim cadangan melakukan pertandingan mereka di Meadow Park, yang juga merupakan markas dari Boreham Wood.

Suporter Arsenal di Indonesia

Suporter Arsenal Indonesia atau AIS hadir dari sebuah milis Arsenal di Indonesia. Milis itu sendiri sudah ada sejak 2003. Tujuan awal adanya milis ini adalah sebagai wadah bagi para pendukung Arsenal untuk saling bertukar informasi. Seiring berjalannya waktu, anggota milis ini semakin banyak hingga akhirnya para pengurus milis memutuskan untuk mendirikan sebuah fans club.

Tepatnya 24 April 2004, berdirilah sebuah klub penggemar The Gunners yang bernama Arsenal Indonesian Supporters. Berdirinya AIS diumumkan melalui tabloid cetak tanah air dan ternyata responnya sangat luar biasa. Banyak pembaca yang menghubungi untuk bergabung dengan AIS. Dalam perkembangannya, AIS kini telah resmi terdaftar menjadi salah satu kelompok penggemar Arsenal Football Club.