Menggali Sejarah Manchester United

Menggali Sejarah Manchester United

Manchester United Football Club merupakan salah satu klub raksasa Eropa yang sempat merajai Liga Primer Inggris. Old Trafford, Manchester Raya, merupakan markas klub sepak bola profesional asal Inggris ini. Didirikan pertama kali pada tahun 1878, Manchester United semula bernama Newton Heath LYR Football Club, klub ini kemudian berganti nama menjadi Manchester United pada 1902 dan memindahkan markas mereka ke Old Trafford pada tahun 1910.

Selama kiprahnya di Liga Inggris, Manchester United telah memenangkan banyak trofi, termasuk memegang rekor 20 gelar Liga, 12 Piala FA. Selain itu, klub ini juga telah berhasil mendapatkan tiga kali juara Eropa, menjuarai Piala UEFA dan Piala Interkontinental serta meraih satu Piala Dunia Antarklub FIFA. Pada 1998-1999, Manchester United berhasil memenangkan penghargaan bergengsi Eropa, treble dari Liga Premier, Piala FA dan Liga Champions, capaian yang belum pernah diraih klub Inggris manapun.

Cikal Bakal Berdirinya Manchester United

Manchester United pertama kali dibentuk tahun 1878 dengan nama Newton Heath Lancashire and Yorkshire Railway F.C. sebagai tim besutan Lancashire dan Yorkshire, stasiun kereta api di Newton Heath. Pada tahun 1893, MU memutuskan hubungan dengan stasiun kereta dan menjadi perusahaan mandiri. Namun, pada tahun 1902, MU nyaris bangkrut. Beruntung mereka menerima investasi dari J. H. Davies.

Tanggal 26 April 1902 menjadi tanggal bersejarah bagi MU. Pasalnya, di hari itu nama Manchester United resmi disandang dengan warna merah dan putih terpilih sebagai warna klub. Di tahun ini pula MU mencoba mendobrak masuk ke Divisi Satu, tapi usaha pertama MU belum membuahkan hasil yang diharapkan. Barulah di tahun 1906 MU berhasil masuk ke divisi utama dan meraih gelar pertama mereka di tahun 1908.

Setelah memenangkan trofi kedua mereka di musim 1910-1911, MU pindah ke lapangan baru Old Trafford. Pertandingan pertama mereka di Old Trafford berlangsung pada 19 Februari 1990 melawan Liverpool. Kala itu, MU harus menelan kekalahan 4-3. Setelah hengkangnya Mangnall ke Manchester City, MU tak penah bisa memenangkan satu trofi pun. Bahkan selama 41 bermain setelahnya MU masih tak memiliki raihan gelar juara.

Masa Kejayaan Manchester United

Di bawah pengasuhan Sir Alex Ferguson, Manchester United mengalami masa kejayaannya. Musim 1998-1999 menjadi masa tak terlupakan bagi Manchester United. Pasalnya, pada musim itu MU menjadi satu-satunya tim Inggris yang pernah meraih Treble (tiga gelar dalam satu musim) dengan memenangkan Liga Premier Inggris, Piala FA, dan Liga Champion UEFA dalam satu musim sekaligus.

Pertandingan melawan Bayern Munich di pertandingan final Liga Champions UEFA 1999 menjadi epic comeback terbaik bagi MU. Tertinggal satu angka hingga waktu normal pertandingan berakhir, nyatanya tak membuat semangat juang tim asuhan Ferguson kehilangan semangat. Di waktu tambahan MU berhasil mencetak dua gol dan berhasil memboyong piala Liga Champion UEFA.

Lambang Manchester United

Lambang klub Manchester United sudah mengalami perubahan beberapa kali, tapi perubahan yang dilakukan tidak terlalu signifikan. Gambar setan yang terletak di tengah lambang MU merupakan cikal bakal munculnya julukan “Setan Merah” (The Red Devil) di era 1960-an. Di akhir tahun 1960-an, lambang setan mulai dimasukkan sebagai bagian promosi klub, hingga akhirnya menjadi lambang klub dengan memegang trisula.

Di tahun 1998 lambang MU kembali mendapat perubahan. Desain ulang lambang Klub Setan Merah ini menghilangkan tulisan “Football Club” yang semula ada di bagian bawah. Hal ini mendapat protes dari suporter fanatik MU, yang berpendapat bahwa perubahan tersebut semakin menjauhkan MU dari akar sepak bola dan dilakukan hanya untuk kepentingan bisnis semata.

Pendukung Manchester United

Manchester United merupakan klub sepak bola paling populer di dunia dengan pendukung yang ada di seluruh penjuru dunia dan memiliki rata-rata tertinggi tingkat kehadiran penonton pada laga kandang di Eropa. Setidaknya, ada 200 cabang basis penggemar yang diakui secara resmi oleh Manchester United Suporter Club (MUSC) yang tersebar di 24 negara di seluruh dunia.

Dengan besarnya basis penggemar yang dimiliki, Manchester United memanfaatkannya dengan melakukan tur musim panas di seluruh dunia. Tentu saja hal ini memberikan keuntungan besar bagi pendapatan klub berjuluk Setan Merah ini. Diperkirakan Manchester United memiliki sekitar 333 juta penggemar di seluruh dunia. Sungguh angka yang mencengangkan, bukan?